60 Ways to Say Things More Politely
Ketika berbicara dalam bahasa Inggris, sering kali masalahnya bukan apa yang kita katakan, tetapi bagaimana kita mengatakannya. Berikut adalah cara mengubah ungkapan yang terdengar kasar, tajam, atau konfrontatif menjadi lebih sopan dan profesional.
1. Respecting Personal Space & Boundaries
| Instead of... | Try saying... | Arti |
|---|
| Shut up. | Please be quiet. | Tolong tenang. |
| Get lost. | Please leave. | Tolong pergi. |
| Back off. | Please step back. | Tolong mundur sedikit. |
| Leave me alone. | I need some time. | Saya butuh waktu sendiri. |
| Stop bothering me. | Give me a moment. | Beri saya waktu sebentar. |
| Get out. | Please leave the room. | Tolong keluar dari ruangan. |
| Don't touch that. | Please don't touch that. | Tolong jangan menyentuh itu. |
2. Protecting Your Privacy
| Instead of... | Try saying... | Arti |
|---|
| Mind your business. | That's private. | Itu urusan pribadi. |
| None of your business. | It's personal. | Ini masalah pribadi. |
| Who asked you? | I didn't ask for input. | Saya tidak meminta pendapat. |
| I don't want to hear it. | I'd rather not discuss it. | Saya memilih tidak membahasnya. |
3. Expressing Disagreement Politely
| Instead of... | Try saying... | Arti |
|---|
| You're wrong. | I see it differently. | Saya melihatnya berbeda. |
| You're dumb. | I disagree. | Saya tidak setuju. |
| That's stupid. | I don't agree. | Saya tidak setuju. |
| That's nonsense. | That doesn't make sense to me. | Itu kurang masuk akal bagi saya. |
| That's ridiculous. | That seems unlikely. | Itu tampaknya kurang mungkin. |
| That's a terrible idea. | I don't think that's the best option. | Saya rasa itu bukan pilihan terbaik. |
4. Giving Feedback Without Sounding Harsh
| Instead of... | Try saying... | Arti |
|---|
| You're lazy. | You seem unmotivated. | Kamu terlihat kurang termotivasi. |
| You're rude. | That sounded impolite. | Itu terdengar kurang sopan. |
| You're impossible. | You're difficult to understand. | Kamu sulit dipahami. |
| You're clueless. | You may need more information. | Mungkin kamu perlu informasi lebih banyak. |
| You're lying. | That doesn't seem accurate. | Itu tampaknya kurang akurat. |
| You're being childish. | Let's be more mature. | Mari bersikap lebih dewasa. |
5. Managing Conflict Constructively
| Instead of... | Try saying... | Arti |
|---|
| Calm down. | Let's stay calm. | Mari tetap tenang. |
| Stop arguing. | Let's agree to disagree. | Mari sepakat untuk berbeda pendapat. |
| Stop complaining. | Let's focus on solutions. | Mari fokus pada solusi. |
| You're overreacting. | Let's look at this calmly. | Mari melihatnya dengan tenang. |
| You're making things worse. | This isn't helping. | Ini tidak membantu. |
6. Setting Limits Firmly but Politely
| Instead of... | Try saying... | Arti |
|---|
| Stop asking. | My answer is final. | Jawaban saya sudah final. |
| I said no. | My answer is no. | Jawaban saya tetap tidak. |
| End of story. | That's my final decision. | Itu keputusan akhir saya. |
| Don't tell me what to do. | I'd prefer to decide myself. | Saya lebih suka memutuskan sendiri. |
| Stop wasting my time. | Let's stay focused. | Mari tetap fokus. |
7. Talking About Problems & Responsibilities
| Instead of... | Try saying... | Arti |
|---|
| Not my problem. | Not my responsibility. | Itu bukan tanggung jawab saya. |
| That's not my fault. | I wasn't involved. | Saya tidak terlibat. |
| That's your problem. | You'll need to handle that. | Kamu perlu menanganinya sendiri. |
| Don't blame me. | Please don't hold me responsible. | Tolong jangan menyalahkan saya. |
8. Discussing Mistakes More Diplomatically
| Instead of... | Try saying... | Arti |
|---|
| You messed up. | A mistake was made. | Terjadi kesalahan. |
| You failed. | It didn't work out. | Itu tidak berhasil. |
| That's pathetic. | That's disappointing. | Itu mengecewakan. |
| That's a bad excuse. | That's not a strong reason. | Itu bukan alasan yang kuat. |
9. Encouraging Better Communication
| Instead of... | Try saying... | Arti |
|---|
| Stop talking. | Let me speak. | Izinkan saya berbicara. |
| Stop interrupting. | Please let me finish. | Tolong biarkan saya menyelesaikan dulu. |
| You're not listening. | I don't feel heard. | Saya merasa tidak didengarkan. |
| You never understand. | I feel misunderstood. | Saya merasa tidak dipahami. |
10. Everyday Polite Alternatives
| Instead of... | Try saying... | Arti |
|---|
| Move. | Excuse me. | Permisi. |
| Hurry up. | Could you be quicker? | Bisakah sedikit lebih cepat? |
| You're late. | You're running behind. | Kamu sedikit terlambat. |
| You're so slow. | Take your time. | Santai saja, tidak perlu terburu-buru. |
| Forget it. | Never mind. | Sudahlah. |
| I don't have time. | I'm busy right now. | Saya sedang sibuk saat ini. |
| Whatever. | I understand. | Saya mengerti. |
11. Replacing Personal Attacks with Honest Needs
| Instead of... | Try saying... | Arti |
|---|
| I hate you. | I need space. | Saya butuh ruang/waktu sendiri. |
| I don't like you. | We're very different. | Kita sangat berbeda. |
| Figure it out yourself. | Please try on your own. | Coba selesaikan sendiri dulu. |
| I don't care. | It's not my concern. | Itu bukan urusan saya. |
| You don't know anything. | There may be more to learn. | Mungkin masih ada yang perlu dipelajari. |
| That's crazy. | That's unusual. | Itu tidak biasa. |
Quick Rule
Untuk terdengar lebih sopan dalam bahasa Inggris:
✅ Fokus pada situasi, bukan menyerang orangnya
✅ Gunakan I think, I feel, I prefer daripada You are...
✅ Jelaskan kebutuhan Anda, bukan menyalahkan orang lain
✅ Gunakan please, could, would, dan let's bila memungkinkan
Kurang sopan: You're wrong.
Lebih sopan: I see it differently.
Kurang sopan: Stop interrupting.
Lebih sopan: Please let me finish.
Kurang sopan: You never understand.
Lebih sopan: I feel misunderstood.
Perubahan kecil seperti ini membuat bahasa Inggris Anda terdengar jauh lebih profesional, diplomatis, dan natural.