REFLEXIVE PRONOUNS (Kata Ganti Refleksif)

 


REFLEXIVE PRONOUNS

Apa Itu Reflexive Pronouns?

Reflexive Pronouns adalah kata ganti yang merujuk kembali kepada subjek dalam kalimat.

Digunakan ketika pelaku dan penerima aksi adalah orang atau benda yang sama.

Rumus Penting

Subject = Object

Contoh

  • I hurt myself.
    → Saya melukai diri saya sendiri.

Kesalahan Umum

❌ She hurt myself.

✅ She hurt herself.

Karena subjek "she" harus menggunakan "herself", bukan "myself".


Daftar Reflexive Pronouns

SubjectReflexive Pronoun
Imyself
You (tunggal)yourself
Hehimself
Sheherself
Ititself
Weourselves
You (jamak)yourselves
Theythemselves

Contoh Kalimat dan Terjemahan

Singular (Tunggal)

  • I taught myself.
    → Saya mengajari diri saya sendiri.

  • You hurt yourself.
    → Kamu melukai dirimu sendiri.

  • He cut himself.
    → Dia (laki-laki) melukai dirinya sendiri.

  • She dressed herself.
    → Dia (perempuan) berpakaian sendiri.

  • The cat washed itself.
    → Kucing itu membersihkan dirinya sendiri.

Plural (Jamak)

  • We enjoyed ourselves.
    → Kami bersenang-senang.

  • Help yourselves.
    → Silakan ambil sendiri.

  • They did it themselves.
    → Mereka melakukannya sendiri.


Fungsi Utama Reflexive Pronouns

1. Subjek = Objek (Aksi ke Diri Sendiri)

Digunakan ketika seseorang melakukan tindakan kepada dirinya sendiri.

Contoh

  • I cut myself while cooking.
    → Saya melukai diri sendiri saat memasak.

  • She taught herself Spanish.
    → Dia belajar bahasa Spanyol sendiri.

  • We enjoyed ourselves at the party.
    → Kami bersenang-senang di pesta.


2. Dengan "By" (Sendiri / Tanpa Bantuan)

Pola ini menunjukkan seseorang melakukan sesuatu tanpa bantuan orang lain.

Contoh

  • I live by myself.
    → Saya tinggal sendiri.

  • She built the table by herself.
    → Dia membuat meja itu sendiri.

  • Did you do this by yourself?
    → Apakah kamu melakukannya sendiri?


3. Untuk Penekanan (Emphasis)

Digunakan untuk memberi penekanan bahwa orang tersebut secara langsung melakukan sesuatu.

Contoh

  • I myself saw the accident.
    → Saya sendiri melihat kecelakaan itu.

  • The president himself will attend.
    → Presiden sendiri akan hadir.

  • You should talk to her yourself.
    → Kamu harus berbicara langsung dengannya.


4. Dengan Kata Kerja Tertentu

Beberapa ekspresi umum menggunakan reflexive pronouns.

Contoh

  • Behave yourself!
    → Bersikaplah baik!

  • Help yourself to some cake.
    → Silakan ambil kue sendiri.

  • I found myself lost in thought.
    → Saya tiba-tiba tenggelam dalam pikiran.


Pola Kalimat

1. Pola Dasar

Subject + Verb + Reflexive Pronoun

Contoh

  • I hurt myself.
    → Saya melukai diri sendiri.

  • She blamed herself.
    → Dia menyalahkan dirinya sendiri.


2. Dengan "By"

Subject + Verb + by + Reflexive Pronoun

Contoh

  • She lives by herself.
    → Dia tinggal sendiri.

  • They completed the project by themselves.
    → Mereka menyelesaikan proyek itu sendiri.


3. Untuk Penekanan

Subject + Reflexive Pronoun + Verb

Contoh

  • I myself did it.
    → Saya sendiri yang melakukannya.

  • The manager himself approved the plan.
    → Manajer sendiri yang menyetujui rencana itu.


Kesalahan Umum

1. Reflexive Pronoun Tidak Boleh Menjadi Subjek

❌ Myself will go.

✅ I will go myself.

→ Saya akan pergi sendiri.


2. Salah Memasangkan Pronoun

❌ They enjoyed ourself.

✅ They enjoyed themselves.

→ Mereka bersenang-senang.


3. Salah Menggunakan "Myself"

❌ Please contact myself.

✅ Please contact me.

→ Silakan hubungi saya.

Catatan:
"Myself" hanya digunakan ketika kembali kepada subjek "I".


4. Salah Menggunakan "By"

❌ by his own

✅ by himself

→ sendiri


5. Setelah Preposisi

❌ between you and myself

✅ between you and me

→ antara kamu dan saya

Catatan:
Setelah preposisi seperti between, for, with, dan to biasanya digunakan object pronoun (me, him, her, us, them).


Speaking Practice

  • I taught myself to play the guitar.
    → Saya belajar bermain gitar sendiri.

  • You should take care of yourself when you're sick.
    → Kamu harus menjaga dirimu saat sakit.

  • He cut himself while shaving.
    → Dia melukai dirinya saat bercukur.

  • She bought herself a new dress.
    → Dia membeli gaun baru untuk dirinya sendiri.

  • The cat washed itself after eating.
    → Kucing itu membersihkan diri setelah makan.

  • We organized the party ourselves.
    → Kami mengatur pesta itu sendiri.

  • You all need to do the homework yourselves.
    → Kalian semua harus mengerjakan PR sendiri.

  • They built the house themselves.
    → Mereka membangun rumah itu sendiri.


Tips Belajar

✔ Gunakan reflexive pronoun ketika:

Subject = Object

Contoh:

  • I hurt myself.

  • She blamed herself.

✔ Hafalkan pasangan berikut:

  • I → myself

  • You → yourself

  • He → himself

  • She → herself

  • It → itself

  • We → ourselves

  • You (jamak) → yourselves

  • They → themselves

✔ Gunakan "by + reflexive pronoun" untuk menyatakan sendiri atau tanpa bantuan.

Contoh:

  • by myself

  • by herself

  • by themselves

✔ Gunakan reflexive pronoun untuk penekanan.

Contoh:

  • I myself did it.

  • The teacher herself explained it.


Ringkasan Cepat

Reflexive Pronouns

  • myself

  • yourself

  • himself

  • herself

  • itself

  • ourselves

  • yourselves

  • themselves

Fungsi Utama

  1. Aksi kepada diri sendiri

    • I hurt myself.

  2. Sendiri / tanpa bantuan

    • She did it by herself.

  3. Penekanan

    • I myself saw it.

Rumus Penting

Subject = Object

Jika pelaku dan penerima aksi adalah orang yang sama, gunakan reflexive pronoun.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
Iklan Meguru English