🧠 Apa Itu Was dan Were?
Was dan Were adalah bentuk lampau (Past Tense) dari kata kerja to be (am, is, are).
👉 Digunakan untuk membicarakan keadaan, kondisi, lokasi, atau informasi yang terjadi di masa lalu.
Contoh
I am happy. (sekarang)
👉 Saya bahagia.
I was happy yesterday. (kemarin)
👉 Saya bahagia kemarin.
They are at school. (sekarang)
👉 Mereka di sekolah.
They were at school yesterday. (kemarin)
👉 Mereka di sekolah kemarin.
🔑 Aturan Penting
Gunakan WAS untuk:
• I
• He
• She
• It
Gunakan WERE untuk:
• You
• We
• They
Contoh
I was happy.
👉 Saya bahagia.
You were late.
👉 Kamu terlambat.
They were here.
👉 Mereka ada di sini.
📖 Cerita Singkat (Contoh Penggunaan)
Last Saturday, I was at my grandma's house.
👉 Sabtu lalu, saya berada di rumah nenek saya.
She was very happy to see me.
👉 Dia sangat senang melihat saya.
My cousins were there too.
👉 Sepupu-sepupu saya juga ada di sana.
We were all in the garden together.
👉 Kami semua berada di taman bersama.
The weather was beautiful.
👉 Cuacanya indah.
It was warm and sunny.
👉 Cuacanya hangat dan cerah.
The flowers were colorful.
👉 Bunga-bunganya berwarna-warni.
Grandma's cookies were delicious!
👉 Kue nenek sangat lezat!
We were so full after lunch.
👉 Kami sangat kenyang setelah makan siang.
📊 Tabel Was dan Were
| Subject | Present | Past | Contoh |
|---|---|---|---|
| I | am | was | I was happy. |
| You | are | were | You were late. |
| He | is | was | He was at home. |
| She | is | was | She was tired. |
| It | is | was | It was cold. |
| We | are | were | We were students. |
| They | are | were | They were here. |
📌 Kapan Menggunakan Was dan Were?
1. 📍 Lokasi di Masa Lalu
Digunakan untuk menunjukkan tempat seseorang atau sesuatu berada di masa lalu.
I was at home yesterday.
👉 Saya di rumah kemarin.
They were at the park last weekend.
👉 Mereka di taman akhir pekan lalu.
She was in London last year.
👉 Dia berada di London tahun lalu.
2. 😊 Perasaan atau Kondisi
Digunakan untuk menjelaskan keadaan seseorang di masa lalu.
I was happy yesterday.
👉 Saya bahagia kemarin.
She was tired after work.
👉 Dia lelah setelah bekerja.
They were excited about the trip.
👉 Mereka bersemangat tentang perjalanan itu.
3. 📖 Informasi Masa Lalu
Digunakan untuk memberikan informasi atau fakta yang benar pada masa lalu.
I was 20 years old last year.
👉 Saya berusia 20 tahun tahun lalu.
He was a student in 2020.
👉 Dia seorang siswa pada tahun 2020.
We were friends when we were children.
👉 Kami berteman saat masih anak-anak.
⏰ Kata Waktu yang Sering Digunakan
Beberapa kata waktu yang sering muncul bersama was dan were:
• Yesterday → Kemarin
• Last week → Minggu lalu
• Last month → Bulan lalu
• Last year → Tahun lalu
• Ago → Yang lalu
• In 2020 → Pada tahun 2020
Contoh
I was busy yesterday.
👉 Saya sibuk kemarin.
We were students last year.
👉 Kami adalah siswa tahun lalu.
🧪 Latihan Singkat
Lengkapi dengan was atau were.
1
I ___ at school yesterday.
✅ I was at school yesterday.
👉 Saya di sekolah kemarin.
2
They ___ happy last night.
✅ They were happy last night.
👉 Mereka bahagia tadi malam.
3
She ___ tired after work.
✅ She was tired after work.
👉 Dia lelah setelah bekerja.
4
We ___ at the beach last Sunday.
✅ We were at the beach last Sunday.
👉 Kami berada di pantai Minggu lalu.
➖ Kalimat Negatif
Untuk membuat kalimat negatif, gunakan:
• was not = wasn't
• were not = weren't
Contoh
I wasn't happy yesterday.
👉 Saya tidak bahagia kemarin.
They weren't here.
👉 Mereka tidak berada di sini.
She wasn't at school.
👉 Dia tidak berada di sekolah.
We weren't busy last weekend.
👉 Kami tidak sibuk akhir pekan lalu.
❓ Kalimat Tanya
Pola
Was + Subject + ... ?
Were + Subject + ... ?
Contoh
Was she happy?
👉 Apakah dia bahagia?
Were they here?
👉 Apakah mereka ada di sini?
Was he at work yesterday?
👉 Apakah dia bekerja kemarin?
Were you tired after class?
👉 Apakah kamu lelah setelah kelas?
❌ Kesalahan Umum
Salah
❌ I were happy
Benar
✅ I was happy
👉 Saya bahagia.
Salah
❌ They was here
Benar
✅ They were here
👉 Mereka ada di sini.
Salah
❌ He were at home
Benar
✅ He was at home
👉 Dia di rumah.
Salah
❌ We was tired
Benar
✅ We were tired
👉 Kami lelah.
🗣️ Latihan Berbicara
Bacalah kalimat berikut dengan lantang:
I was at home yesterday.
👉 Saya di rumah kemarin.
You were late for class.
👉 Kamu terlambat ke kelas.
He was happy last night.
👉 Dia bahagia tadi malam.
She was tired after work.
👉 Dia lelah setelah bekerja.
It was cold yesterday.
👉 Cuaca dingin kemarin.
We were at the park.
👉 Kami berada di taman.
They were students in 2020.
👉 Mereka adalah siswa pada tahun 2020.
The weather was beautiful last week.
👉 Cuacanya indah minggu lalu.
💡 Tips Belajar
Rumus Cepat
WAS
Digunakan untuk:
• I
• He
• She
• It
WERE
Digunakan untuk:
• You
• We
• They
Cara Mengingat
Bayangkan:
Sekarang (Present)
• I am
• He is
• She is
• We are
Masa Lalu (Past)
• I was
• He was
• She was
• We were
Cara Berlatih
• Buat kalimat tentang kegiatan kemarin.
• Gunakan kata waktu seperti yesterday dan last week.
• Latih pertanyaan sederhana menggunakan was dan were.
• Ceritakan pengalaman masa lalu menggunakan kalimat pendek.
Contoh:
Where were you yesterday?
👉 Kamu berada di mana kemarin?
I was at home.
👉 Saya berada di rumah.
📝 Ringkasan Akhir
✓ Was = I, He, She, It
✓ Were = You, We, They
✓ Digunakan untuk membicarakan masa lalu
✓ Bisa digunakan untuk:
Lokasi
Perasaan atau kondisi
Informasi atau fakta masa lalu
Contoh:
• I was happy yesterday.
• She was at school.
• We were friends.
• They were here last night.
